Ruhut Bakal Digulingkan Anggota DPR

"Yang Tolak Saya Tidak Bersih"

NONSTOP, TOLAK-Ditunjuknya Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III DPR mendapat penolakan. Anggota yang berada di komisi bidang hukum itu rame-rame menolak politisi yang ngetop disapa Si Poltak Raja Minyak.
Mereka yang menolak adalah Ahmad Yani dari Fraksi PPP, Nasir Jamil dari Fraksi PKS dan dari politisi Hanura, Syarifuddin Sudding. Ketiganya mempertanyakan kapasitas Ruhut, Nasir bahkan khawatir Komisi III DPR jadi komisi badut.
Ruhut tak mempermasalahkan aksi penolakan itu. Baginya, perasaan was-was ketiganya pasti ada sebab-musabab khusus. “Jangankan fraksi lain, aku sama partai sendiri saja objektif. Contohnya Anas dan lain-lain, karena itu wajarlah timbul kegalauan mereka,” kata pemeran sinetron Gerhana ini, kemarin.
Ruhut menuding kalau yang menolak dirinya adalah politisi yang tidak bersih. Entah apa maksudnya, tapi ia yakin kalau dirinya akan memimpin Komisi III dengan bersih tanpa ada praktek korupsi. “Siapa yang nggak bersih pasti menolak aku,” ungkap anggota Fraksi Partai Demokrat ini.
Ahmad Yani menyatakan, banyak anggota Komisi III yang menolak Ruhut. “Banyak daya tolak dari kawan-kawan. Kalau memang semua menolak, tidak bisa lagi dipertahankan. Secara kepemimpinan belum pernah teruji. Dirinya kan selalu mengklaim lawyer 30 tahun,” sindirnya.
Yani menyadari, kewenangan untuk menentukan pimpinan komisi maupun pimpinan alat kelengkapan dewan ada pada masing-masing fraksi. Namun komisi terkait memiliki hak untuk menyetujui atau menolak nama yang diajukan itu.
Dengan demikian, kata Yani, tidak tertutup kemungkinan Ruhut akan gagal sebagai Ketua Komisi III. Hal itu bisa saja dilakukan jika mayoritas Komisi III tidak menyepakati nama Ruhut saat proses serah terima jabatan nanti. “Saya kira ini belum final. Nanti kan diumumkan pimpinan DPR. Kalau kita menolak kan gagal. Anggota Komisi III punya hak untuk menolak,” tegas Yani.
Hal senada diucapkan Nasir Djamil. “Kami meragukan kepemimpinan Ruhut. Sebab sampai saat ini kita sama sekali belum mengetahui Ruhut menjadi pimpinan alat kelengkapan dewan lainnya. Saya belum pernah lihat pimpin rapat, apalagi jadi pimpinan pansus-pansus di DPR,” terang politisi PKS ini.(DED)

ruhut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone