Giliran Para Kyai Menolak Cara Miss Word

Ormas Islam Ancam sweeping

NONSTOP,TOLAK-word missGelombang penolakan kontes kecantikan Miss World di Indonesia terus berdatangan. Beberapa ormas Islam yang tergabung dalam Majelis Ormas Islam Indonesia meminta Kapolri mencabut izin untuk pelaksanaan acara itu di Bali.
“Menolak penyelenggaraan Miss World di Indonesia karena bertentangan dengan nilai-nilai Islam dan etika serta budaya bangsa Indonesia, bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, bertentangan dengan pasal kesusilaan dalam KUHP Pasal 28–282, bertentangan dengan fatwa MUI No 287 Tahun 2001, bertentangan dengan UU Pornografi,” demikian bunyi pernyataan Majelis Ormas Islam Indonesia, Rabu (4/9).
Ada 9 ormas Islam yang tergabung dalam Majelis Ormas Islam Indonesia, yaitu Persis, Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Persatuan Ummat Islam (PUI), Mathla’ul Anwar, Al Ittihadiyah, Syarikat Islam, Ikadi, Perti dan Wahdah Islamiyah. Setelah melakukan pertemuan, ke semblian organisasi itu memutuskan untuk menolak pelaksanaan kontes kecantikan itu di Indonesia.
“Mendesak Pemerintah c.q Kapolri untuk membatalkan izin penyelenggaraan Miss World di Indonesia,” lanjut pernyataan dari Majelis Ormas Islam Indonesia.
Sebelumnya, Forum Umat Islam (FUI) mengancam bakal menggelar unjuk rasa besar-besaran jika kontes Miss World di Bali tidak segera dibatalkan. Panitia diberi waktu hingga Hari Jumat untuk membubarkan kontes kecantikan itu.
“Saya meminta kepada Saudara-saudara untuk Hari Jumat ke sini lagi dengan membawa masing-masing 10 orang,” kata Sekjen FUI Muhammad Al Khaththath usai melakukan dialog dengan pihak penyelenggara Miss World di depan MNC Tower, Selasa (3/9) lalu.
Sementara pihak Panitia Miss World 2013, mengatakan tidak ada sesi bikini dalam pehelatan tersebut. Sebagai ganti segmen beach fashion ini, peserta ajang ratu kecantikan akan memakai outfit yang dibuat dari sarung Bali.
Sejak awal kita sudah sepakat bahwa mereka akan memakai pakaian yang menghormati budaya dan kultur Indonesia. Jadi tidak ada yang namanya bikini, itu sudah jelas,” ujar Adjie S Soeratmadjie, Head of Corporate Secretary RCTI.
Menurut Adjie, panitia menyiapkan pakaian dari sarung Bali untuk mengganti bikini pada 131 peserta Miss World. Setiap peserta memakai pakaian dari sarung Bali yang motifnya berbeda. “Desainnya disesuaikan,” imbuhnya.
Pakaian dari sarung tersebut berasal dari Bali. “Desainernya asli dari Bali,” kata Adjie.
Puncak Miss World Indonesia 2013 diselenggarakan pada 28 September 2013. Peserta kontes edisi ke-63 ini akan dikarantina di Nusa Dua, Bali. Sedangkan malam penobatan akan dilaksanakan di Sentul International Convention Center, Bogor. Miss World 2012 Yu Wenxia dari Republik Rakyat Cina akan memahkotai penerusnya.(ADT/DED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone