Peran dan Fungsi OJK Sangat Startegis

OJK ok

NONSTOP, PENTING- Saat ini, posisi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sangat penting karena mengambil alih tugas-tugas yang tadinya dilakukan oleh Bapepam LK di bawah Kementerian Keuangan. Bahkan pada tahun 2014 mendatang, posisi OJK semakin strategis karena akan mengambil alih pengawasan Perbankan dari Bank Indonesia.

Demikian disampaikan Deputy Director for Communication OJK, Dr. Djonieri, dalam sosialisasi OJK yang dilakukan di Universitas Bung Karno (UBK), Jakarta (Jumat, 12/7). Sosialisasi ini penting karena karena OJK baru berjalan sekitar enam bulan yang lalu, dan ban banyak masyarakat yang tidak kenal dengan OJK.

Berdasarkan UU No. 21/2011, OJK merupakan lembaga independen yang memiliki fungsi, tugas dan wewenang untuk mengatur dan memberikan pengawasan terhadap jasa keuangan. Dalam hal ini, OJK mengambil alih fungsi Bank Indonesia dalam melakukan pengawasan terhadap aktivitas perbankan.

“Sosialisasi ini dilakukan kepada mahasiswa agar nantinya efek dari mahasiswa sampai ke masyarakat, karena mereka-mereka ini kan kaum intelektual,”kata Djonieri, sambil mengatakan bahwa pengawasan yang dilakukan OJK ini dilakukan agar bisa berjalan dengan baik, transfaran, akuntabel dan lebih melindungi konsumen.

Sementara itu, komedian Ginanjar, yang bertindak sebagai moderator dalam diskusi yang diakhiri dengan buka puasa bersama ini mengatakan bahwa OJK sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk melindungi aset-asetnya di bank. Di saat yang sama, OJK juga diharapkan bisa membantu proses jalannya keuangan yang baik di Indonesia, apalagi kelahiran OJK ini merupakan sebuah kemajuan bangsa.

Dalam kesempatan yang sama, penggagas sosialisasi OJK di UBK Haris Pertama, mengatakan bahwa sosialsiasi ini penting dilakukan, agar masyarakat dan mahasiswa memahami mengenai peran dan fungsi OJK itu sendiri. Haris juga mengapresiasi Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad, yang telah melibatkan mahasiswa untuk sosialisasi ini. “Kami sangat apresiasi, karena sosialisasi OJK dilakukan di dalam kampus, bukan diskusi antar hotel,” (OTK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone