12 Agustus Bakal Terjadi Hujan Meteor

NONSTOP, FENOMENA-Tanggal 12 Agustus 2013 mendatang, rakyat Indonesia dapat menyaksikan fenomena alam yang langka. Di tanggal itu, kita bisa menyaksikan dengan mata telanjang hujan meteor Perseid.
Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan, hujan meteor ini sebenarnya sudah terjadi sejak tanggal 17 Juli lalu.
“Puncaknya tanggal 12 Agustus. Turunnya mulai dari tengah malam sampai subuh,” jelas Thomas, Selasa (23/7).
Wilayah mana saja yang dapat peristiwa ini. Menurutnya, masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia dapat melihat. Namun, syaratnya tidak terhalang bagunan, pohon, dan jauh dari polusi cahaya.
“Jika di tengah kota yang banyak lampu akan sulit melihatnya. Selain itu, cuacanya juga harus cerah,” katanya.
Hujan meteor Perseid ini terjadi saat bumi berpapasan dengan gugusan debu-sebut sisa komet. Sehingga debu-debut tersebut masuk ke atmosfer dan terbakar lalu menampakkan sebagai meteor.
Ditambahkannya, pada 12 Agustus nanti akan jatuh 80 meteor ke Bumi setiap tiga menit.
Selain hujan meteor Perseid, fenomena alam lainnya yakni hujan meteor Delta Aquarid. Fenomena ini juga sudah terjadi pada 12 Juli sampai 19 Agustus. “Puncaknya hujan meteor Delta Aquarid pada tanggal 28 Juli,” terangnya.
Lanjutnya, saat puncaknya, hujan meteor Delta Aquarid akan jatuh ke Bumi sebanyak 20 meteor dalam jangka waktu satu jam. “Setiap tiga menit akan jatuh satu meteor Delta Aquarid,” ucapnya.
Untuk menyaksikan peristiwa ala mini, masyarakat dapat melihat dari arah tenggara sampai selatan, mulai pukul 21.00 WIB hingga subuh waktu setempat. “Masyarakat di semua wilayah Indonesia bisa melihat,” tuturnya.(JJ)
hujan meteor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone