Nih, Politik Dinasti Versi Partai Golkar

Dari Anak Hingga Menantu Jadi Calon Legislatif

NONSTOP, CALEG- Politik dinasti juga terjadi dalam tubuh Partai Golkar, yang disebut-sebut sebagai partai politik termatang. Sejumlah elite partai ini mengistimewakan anak, menantu, dan kerabat menjadi calon legislator.

Hal ini tampak dalam penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPR yang diserahkan partai berlambang pohon Beringin kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

Nama sejumlah anggota keluarga dan kolega elite Partai Golkar, terdaftar dalam DCS dan bertengger di nomor urut bagus. Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, misalnya, orang nomor satu di partai itu menempatkan menantunya, Taufan Eko Nugroho Rotorasiko. Taufan yang juga Ketua Karang Taruna dan Ketua Umum KNPI didapuk jadi caleg DPR nomor urut 2 untuk daerah pemilihan Jawa Tengah VIII.

Seakan tak mau kalah, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono, juga memajukan putranya Dave Laksono. Dave yang juga Ketua Angkatan Muda Partai Golkar itu menempati nomor urut 1 di daerah pemilihan Jawa Barat VIII.
Masih di dapil yang sama, tercatat juga Daniel Muttaqien Syafiuddin. Daniel adalah putra Ketua DPD Golkar Jabar Irianto MS Syafiuddin (Yance).

Sementara di Jabar II, Golkar menempatkan Agus Gumiwang, putra politisi Orde Baru, Ginanjar Kartasasmita pada nomor urut 1. Juga putra Ketua DPP Partai Golkar Rully Chairul Azwar, Fazwan Kusumadinata, caleg nomor 4 di dapil yang sama.

Di dapil Sumatera Selatan I, tercatat Dodi Reza Alex Noerdin menempati nomor urut 1. Dodi adalah caleg incumbent, dia putra semata wayang Gubernur yang merangkap Ketua DPD Golkar Sumsel, Alex Noerdin. Di Sumatera Barat ada Rosdinal Salim, anaknya pejabat Orde Baru yang juga tokoh Golkar, Emil Salim.

Di Sulawesi Selatan II, menantu mantan Menteri Hukum dan HAM Andi Mattalatta yang juga tokoh Golkar, Andi Rio Idris Padjalangi, maju sebagai incumbent yang bertengger di nomor urut 2.

Sementara di dapil Sulawesi Utara, tercatat nama Jerry Sambuaga. Jerry saat ini staf ahli Ketua DPD RI. Dia didapuk jadi caleg Golkar nomor urut 3. Dia adalah putra Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Theo L Sambuaga.

Yang paling mencengangkan di Provinsi Banten. Gubernur Banten yang merangkap Ketua DPD Golkar provinsi itu, Ratu Atut Chosiyah, memancangkan dinasti politiknya. Dua anak dan menantunya menjadi caleg di DPRD dan DPR.
Anak pertama Atut, Andhika Hazrumy, yang kini anggota DPD, mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari Partai Golkar. Dia langsung mendapat nomor urut satu dari dapil Banten I, padahal baru jadi kader Golkar.

Sedangkan adiknya, Andiara Aprilia Hikmat, tercatat dalam daftar calon senator dari provinsi itu. Istri Andhika Hazrumy, Adde Rosi Khoerunnisa, juga caleg Partai Golkar untuk DPRD Provinsi Banten. Menantu Atut ini jadi caleg istimewa dengan menempati urut satu dari dapil Banten I. Sementara suami Atut, Hikmat Tomet, juga kembali mencalonkan diri menjadi anggota DPR. Namanya bertengger kokoh di nomor urut 1 dari dapil Banten II. (OTK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone