JOKOWI TOLAK MISS WORD BERBIKINI

GUBERNUR DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan mendukung perhelatan Miss World 2013 digelar di Indonesia, khususnya di Jakarta. Namun, Jokowi mengingatkan mewanti-wanti, pelaksanaannya nanti disesuaikan dengan kesantunan dan budaya Indonesia.
“Jadi harus disesuaikan dengan budaya kita,” kata Jokowi di sela-sela menghadiri peringatan HUT Lemhanas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (22/5).
Bagaimana dengan ritual menggunakan pakaian seksi atau bikini, ayah tiga anak ini menyarankan sebaiknya tidak. “Saya kira lebih baik tidak berbikinilah,” tuturnya.
Sebelumnya, penolakan dilaksanakannya ajang kecantikan internasional Miss World 2013 di Indonesia, disuarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketua Bidang Seni dan Budaya, Cholil Ridwan mengatakan, ajang seperti itu adalah haram.
Sementara, Ketua MUI Pusat Bidang Kerjasama dan Hubungan Internasional, Mulyadin Junaedi mengatakan, ajang Miss World sangat bergaya hedonisme sehingga tidak cocok dengan budaya Indonesia.
Ia bahkan menuding, Miss World merupakan upaya untuk menumbuh suburkan budaya hedonisme dan matrealisme di masyarakat Indonesia. Baginya, penyelenggaraan Miss World 2013 dipindahkan saja ke luar negeri.
Syafril Nasution, Corporate Affairs Director PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) yang mewakili penyelenggara Miss World 2013 membantah kegiatan ini dapat merusak akhlak dan tidak sesuai dengan adat ketimuran.
“Jangan samakan Miss World dengan konser Lady Gaga yang buka-bukaan dan jingkrak-jingkrakan. Dari penampilan Lady Gaga memang tidak sesuai dengan budaya Indonesia,” kata Syafril, beberapa waktu lalu.
Dijelaskannya, di ajang Miss World kali ini, tidak ada sesi berbikini. “Konsepnya berbeda. Kami lebih menyebutnya dengan sesi beach fashion. Desain pakaiannya asli Bali yang memakai selendang, sehingga menutupi tubuh dan lebih sopan,” terangnya.
Miss Indonesia 2013 Vania Larissa terus melakukan persiapan. Salah satunya memperlancar kecakapan berbahasa Inggris.
Bagi Vania, berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris bukanlah perkara baru. Berbekal sekolah di International School dan enam bulan berada di Amerika Serikat. “Pengalaman itu membuat saya lebih percaya diri,” imbuhnya.
Sekedar informasi, di ajang Miss World 2013, gadis kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat, 18 November 1995 ini menjadi finalis termuda. Vania akan bersaing dengan 36 finalis lainnya.(ASP)
jokowi 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone