Keluarga Besar Soekarno Ribut

TK Disomasi Adik Ipar

Nonstop, Somasi-Taufiq Kiemas disomasi oleh adik iparnya. Ia disomasi oleh adiknya Megawati Soekarnoputri, yakni Rachmawati Soerkarnoputri, terkait penggunaan kata Empat Pilar dalam konteks bernegara.
Melalui kuasa hukumnya, Bambang Suroso, Rachma meminta kepada MPR yang diketuai oleh Taufiq Kiemas, untuk tidak menggunakan kosakata empat pilar dalam bernegara.
Empat Pilar Taufiq Kiemas memasukkan Pancasila sebagai salah satu muatannya, selain UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika. Keberatan Rachma berkaitan dengan keberadaan Pancasila sebagai filsafat bangsa.
Menurutnya, terminologi pilar tidak sesuai dengan kedudukan Pancasila sebagai fundamen atau dasar. Kata pilar dengan fundamen dipahami sebagai dua hal yang berbeda. Dia merujuk pada pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945.
“Pancasila adalah fundamen, filsafat pikiran sedalam-dalamnya,” kata Bambang, Senin (15/4).
Lanjutnya, Empat Pilar kebangsaan juga belum berstatus hukum, karena belum ditetapkan oleh MPR. Ia mengkhawatirkan, keinginan MPR untuk membentuk Badan Pemasyarakatan Empat Pilar Negara bisa menimbulkan penyimpangan anggaran dan pelanggaran hukum.
“Patut diduga akan berpotensi menimbulkan adanya penyimpangan anggaran dan pelanggaran hukum atas nama Sosialisasi Empat Pilar yang menggunakan uang negara melalui APBN, berdasarkan kewenangan MPR yang diatur dalam UU No. 27 Tahun 2009 tentang Susunan dan Kedudukan,” terangnya.
Karena itu, Rachma meminta agar Ketua MPR Taufiq Kiemas mencabut penggunaan kosakata Empat Pilar. Adapun batas waktu yang diberikan sampai tanggal 1 Mei 2013.
“Jika tidak dipenuhi, maka kami akan menempuh upaya hukum tindak pidana ketatanegaraan,” tegasnya.
Ungkapnya, somasi yang dilayangkannya ini juga ditembuskan ke Presiden, Ketua DPR, Ketua Mahkamah Konstitusi, Ketua Mahkamah Agung, dan para Ketua Partai Politik.
Taufiq Kiemas mengaku belum membaca surat somasi adik iparnya tersebut. Meski begitu, dia mempersilakan Rachma untuk mensomasinya. “Tidak apa-apa,” tukasnya.(OTK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone