Ikan Pari Raksasa Ditangkap Nelayan

Seekor ikan pari berukuran raksasa secara tidak sengaja tertangkap jaring nelayan di pantai Baron Gunungkidul. Dibutuhkan lebih dari 2 jam untuk dapat menarik ikan raksasa dengan lebar 6 meter dan berat mencapai 800 kg itu ke tepian.
Ikan jenis Pari Manta ini tersangkut jaring milik Muryanto yang dipasangnya pada malam hari. Saat mengambil jaring, Muryanto heran karena tak kuasa mengangkat jaringnya.
“Rasanya berat dan tidak seperti biasanya. Saya kira karena dapat ikan banyak tapi ternyata ada ikan Pari besar,” kata Muryanto, Sabtu (6/4).
Muryanto lalu mencoba menariknya dengan 2 kapal jungkung yang biasa digunakan untuk melaut. Namun karena bobot ikan yang terlampau besar, dua kapal jungkung tak kuasa.
Muryanto juga berupaya menaikkan ikan itu ke atas kapalnya. Namun upaya itu justru hampir membuat kapal muryanto terbalik.
Gagal dengan kapal, upaya menarik ikan dicoba menggunakan mobil jeep. Proses mendaratkan ikan berekor mirip cambuk akhirnya dilakukan beramai-ramai. Sebuah Jeep warna kuning disiapkan di perairan dangkal. Para nelayan memasang tali di body Jeep dan mengkaitkan ke tubuh ikan pari.
“Awalnya bingung karena tidak tahu bagiamana cara mendaratkannya. Beruntung, tim SAR turun tangan dan mengerahkan satu mobil jeep,” ujar Muryanto.
Tapi ternyata pendaratan ikan tak semudah yang diperkirakan. Jeep beberapa kali tertarik ke belakang karena ikan tersapu gelombang.
“Susah, nggak bisa gerak. Tadi malah tertarik ke belakang dan beberapa kali selip,” kata Adit, pengemudi Jeep.
Setelah hampir satu jam, ikan yang banyak ditemukan di perairan tropis ini akhirnya sedikit demi sedikit berhasil ditarik ke tepian. Sejumlah nelayan ikut mendorong tubuh ikan hingga akhirnya berhasil didaratkan.
“Kira-kira panjangnya 6-7 meter dan bobotnya mungkin lebih dari 800 kilo,” kata Markus salah satu nelayan Pantai Baron.
Di tepian, ikan berwarna kecoklatan ini menjadi tontonan warga dan wisatawan Pantai Baron. Beberapa menyentuh dan mengelus-elus kulit ikan sementara yang lain ada yang menggunakan kamera HP untuk memotretnya.(HDS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone