Banyak Artis Bermasalah Jadi Caleg Pemilu 2014

NONSTOP, CALEG-Banyaknya kalangan artis menjadi calon legislatif (caleg) di Pemilu 2014 membuat khawatir beberapa kalangan. Selain kemampuannya diragukan, para artis tersebut memiliki latar belakang yang tidak bagus, dari mulai kasus penipuan hingga perceraian, bahkan tidak sedikit dilaporkan ke polisi.
Tercatat, sedikitnya 50 artis mendaftarkan diri sebagai caleg. Di antaranya, Angel Lelga, Emilia Contessa dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arzeti Bilbina, Mandala, Aditya Sayuti, Said Bajur dan dua anak raja dangdut Rhoma Irma, yaitu Debbie Veranasari alias Debby Irma dan Fikri Zulfikar alias Vicky Irma yang dicalonkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Sementara, PDIP mencalonkan artis senior Yessy Gusman, penyanyi Edo Kondologit, presenter Nico Siahaan dan Sonny Tulung. Mereka melengkapi artisnya PDIP sebelumnya, yaitu Reike Dyah Pitaloka dan Dedi Miing Gumelar yang lebih dulu duduk sebagai anggota DPR.
Partai Amanat Nasional (PAN) tercatat paling banyak mencalonkan kalangan artis sebagai anggota DPR/DPRD. Mereka yang tercatat yakni, pasangan selebritis, Ikang Fauzi-Marissa Haque, Melly Zamri, Dessy Ratnasari, Gading Martin, Dwiki Darmawan, Alex Djodi, Meliana Pancarani, Ida Royani, Primus Yustisio, Resa Herlambang, Anang Hermansyah, Hengki Kurniawan, Eko Patrio, Wanda Hamidah, Ayu Azhari, Lukman Hakim, Devi Permatasari, Jeremy Thomas, Aidil KDI, Soraya, Hapsari, dan Norma Kamaru.
Tidak ketinggalan Partai Gerindra mengusung Irwansyah, Bela Safira, Ananda Mikola, Moreno Soeprapto, Iis Sugianto, Jamal Mirdad, dan Rachel Maryam.
Tidak hanya kalangan artis saja. Partai besutan Prabowo Subianto ini juga mengusung mantan menteri, yaitu Freddy Numberi, yang pernah dicopot Presiden SBY yang konon gara-gara hubungan gelapnya dengan seorang wartawati TV, dan mantan Menteri Pendayaan Aparatur Negara Taufiq Effendi.
Wakil Sekjen Partai Golkar, Nurul Arifin mengatakan, partainya hanya menambah satu artis saja untuk diusung menjadi caleg, yaitu Charles Bonar Sirait. “Kalau saya, Tantowi Yahya, dan Tety Kadi, sudah termasuk orang lama,” kata Nurul Arifin.
Sedangkan, Partai Bulan Bintang (PBB) mencalonkan mantan Kabareskrim Polri, Komjen Pol (purn) Susno Duadji, yang sudah dijadikan terpidana kasus korupsi penanganan perkara PT Salmah Arowana Lestari dan kasus dana pengamanan Pilkada Jawa Barat 2008.
Ketua Dewan Syuro PBB Yusril Ihza Mahendra berpendapat, keputusan hukum atas kasus Susno Duadji batal demi hukum. Menurutnya, Susno tidak dapat dieksekusi karena putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan dan Pengadilan Tinggi DKI tidak mencantumkan perintah penahan terhadap terdakwa.
Partai yang sedang berkuasa saat ini, Partai Demokrat juga mengusung beberapa artis. Mereka menambah deretan artis yang lebih dulu bergabung. Pemilu sebelumnya, mereka mengusung Venna Melinda dan Inggris Kansil.
Ada satu artis mereka yang terpilih, yakni Angelina Sondakh menjadi pesakitan kasus korupsi proyek pembangunan Wisma Atlet dan proyek di Kementerian Pendidikan dan Nasional.
Untuk di pemilu kali ini mereka juga mencalonkan Yenny Rahman, Anwar Fuadi, dan aktor sekaligus bekas Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf . Khususnya Dede Yusuf, sebelumnya terdaftar sebagai anggota DPR dari PAN.

Caleg Artis Terjerat Masalah
Pengamat politik, Karel Susetyo berpendapat, tidak ada larangan bagi artis untuk mencalonkan diri sebagai caleg. Namun diakuinya, dari sekian artis yang mencalonkan diri itu, secara kualitas sangat diragukan.
“Karena mereka direkrut jelang Pemilu alias dadakan. Secara kemampuan politiknya sangat diragukan, dan hanya digunakan untuk mendulang suara partai saja,” kata Karel, kemarin.
Ia memprediksikan, dari 50 lebih artis yang maju sebagai caleg, yang terpilih tidak lebih dari 10 saja. “Masyarakat sudah tidak bisa dibodohi. Mereka tahu, mana yang harus didukung atau tidak,” ujarnya.
Selain tidak memiliki kapasitas yang mumpuni, ia melihat para artis tersebut karena sudah sepi order. “Pamor mereka sudah redup, atau artis kelas dua saja yang sepi order,” tukasnya.
Khususnya dengan artis-artis yang pernah memiliki masalah, menurutnya sangat riskan jika dipilih. Baginya, sama saja mempertaruhkan masa depan bangsa ini. “Apa jadinya negara ini kalau wakil rakyatnya saja pernah dilaporkan kasus penipuan,” tuturnya.
Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mendukung caleg yang memiliki track record yang tidak bagus, seperti pernah terlibat dan menjadi terpidana kasus korupsi.
Angel Lelga yang kemarin hadir di KPU menemani Ketua Umum PPP, Suryadharma Ali, menyerahkan DCS mengaku, memutuskan maju sebagai caleg PPP karena sudah menjadi seorang mualaf.
Tidak seperti biasanya, mantan istri siri Rhoma Irama ini mengenakan jilbab berwarna hijau senada dengan warna partainya.
Dia mengaku ditempatkan oleh partai untuk daerah pemilih (dapil) di Jawa Tengah. Tapi dia lupa, tepatnya dapil berapa ia ditempatkan. “Yang pasti meliputi Kota Solo,” ungkapnya.
Ia optimis akan terpilih sebagai anggota DPR. Selain popularitasnya yang sudah tidak diragukan lagi, ia mengaku punya kemampuan untuk membantu dan membela kepentingan rakyat.
Seperti diketahui, beberapa artis terpaksa harus bercerai dengan pasangannya setelah terpilih menjadi anggota DPR/DPRD. Mereka di antaranya, Rachel Maryam yang bercerai dengan suaminya, Muh Akbar Perdana atau Ebes. Kini dia sudah menikah kembali dengan seorang pria bernama Edwin Aprihandono alias Edo.
Hal serupa juga dialami oleh penyanyi Tere. Sebelum memutuskan mundur sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, ia bercerai dengan Eka Nugraha.
Yang teranyar, anggota DPR Fraksi Demokrat, Venna Melinda saat ini tengah menggugat cerai suaminya, Ivan Fadilla Soedjoko. Begitu juga dengan musisi sekaligus anggota DPR Fraksi Partai Gerindra, Jamal Mirdad, tengah digugat cerai oleh istrinya, artis senior Lidya Kandou.(OTK/ASP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone