Ada Penipuan Lowongan Kerja Fiktif, Hati-hati, Ya!

Anda yang masih menganggur dan ingin mencari pekerjaan hendaknya berhati-hati dan waspada. Jangan sampai tertipu. Sebab, kini, ada penipuan lowongan kerja fiktif. Pelamar bukannya mendapatkan pekerjaan, malah tertipu (uangnya hilang).
Modus penipuan pelaku, adalah, dengan membuka lowongan kerja palsu atau fiktif. Ujung-ujungnya, Anda bisa tertipu. Pekerjaan tidak dapat, uang pun amblas.
Hal tersebut dialami oleh Yudi Permana. Pemuda 24 tahun itu, akhir pekan kemarin, mendapat pesan singkat (SMS) dari nomor 0852332519395.
Jebolan perguruan tinggi swasta di Jakarta ini memperoleh SMS berisi lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan “PT. PERTAMINA”. Pelaku membuka penerimaan karyawan/karyawati dengan strata pendidikan D3, S1 dan S2. Serta, pelaku meminta pelamar mengirimkan Bbodata, pasfoto 4×6 dan nomor HP serta email ke pt.pertamina788@yahoo.co.id
Merasa peluang tersebut memang dia butuhkan, Yudi pun segera mengirimkan lamarannya. Hanya dalam hitungan jam, pria yang memang belum mempunyai pekerjaan tetap ini langsung mendapatkan e-mail balasan.
Isi e-mail tersebut menyatakan bahwa dirinya lolos seleksi calon pelamar dan diberikan kesempatan untuk datang melakukan tes tertulis yang akan dilakukan di wilayah Kalimantan. Sebagai persyaratannya, pelamar diwajibkan untuk untuk membeli tiket pesawat pada agen tiket yang ditunjuk.
Merasa ada yang ganjil dalam proses rekrutmen tersebut, Yudi akhirnya mencoba mencari tahu di website resmi Pertamina yaitu www.pertamina.com. Ternyata benar, kecurigaannya terbukti, Pertamina saat ini memang tidak sedang membuka lowongan kerja.
Dan, alamat email yang dikirimkan olehnya ternyata berbeda dengan yang tertera di website. Ternyata lagi, agen perjalanan yang ditunjuk sebagai tempat membeli tiket tersebut bodong. Kalau saja kurang tidak waspada, bukan hanya pekerjaan yang tidak dapat, uang pun akhirnya bisa lenyap. (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone