2013,PNS Tidak Dapat Dana Pensiun

NONSTOP, PNS-Agar tidak menjadi beban keuangan negara, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan menghapus dana pensiun bagi para PNS. Hal ini ditegaskan Menpan RB Azwar Abubakar.
Menurutnya, Kemenpan RB akan mengkaji sistem dana pensiun melalui mekanisme iuran pegawai saat dia masih aktif sebagai PNS. Dan dana tersebut yang akan digunakan nanti sebagai iuran awal pensiun tanpa ada subsidi pemerintah.
“Jadi pemerintah tidak menanggung beban anggaran besar untuk dana pensiun,” ungkapnya kepada wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (13/12). Misalnya, gaji pokok PNS akan dipotong 10% yaitu 2% untuk askes, 2,35% untuk tunjangan hari tua, 45% untuk program pensiun sebagai iuran untuk dana mereka pensiun nanti.
Azwar mengaku, aturan ini akan diberlakukan dalam waktu dekat (2013). “Dalam waktu dekat dan jangan lama sekali, tahun ini juga, tahun depan kita harus buat roadmap langkah-langkahnya,” ungkapnya.
Ia melanjutkan, skema lainnya adalah dengan memakai sistem pay us you go yakni pegawai juga melakukan potongan dari gaji mereka untuk dana pensiun dengan besaran yang ditentukan, namun pada saatnya nanti pensiun pemerintah juga memberikan dana anggaran.
Selain dana pensiun, Kemenpan RB juga sedang mengkaji adanya perpanjangan pensiun dari umur 56 tahun menjadi 58 tahun. Sementara, Direktur PT Taspen, Agus Haryanto menyatakan kebijakan ini nanti akan diberlakukan seluruh pegawai dan pejabat negara.
“Iya, semua PNS dan pejabat negara, daerah. Pejabat negara itu termasuk menteri presiden bupati walikota gubernur, tapi ini masih dikaji,” ungkapnya. Pada 2012 ini dana pensiun untuk 4,7 juta orang PNS seluruh Indonesia sudah mencapai Rp119 triliun.(OTK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone